x

Cosmo si Bunga Bangkai

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Senin, 27 Mei 2024 20:07 WIB

Ada Cosmo, si Bunga Bangkai Mekar di PGF Universitas Colorado Amerika

Amorphophallus Titanum setinggi 5 kaki, yang dikenal sebagai bunga bangkai telah mekar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Biasanya, orang akan lari dari bau daging yang membusuk, tetapi akhir pekan Memorial Day kali ini ada begitu banyak anggota masyarakat Fort Collins yang mencari bau tersebut. Dengan antrean panjang yang dengan cepat menyebar di sekitar PGF atau konservatori Fasilitas Pertumbuhan Tanaman Universitas Negeri Colorado AS, jelaslah bahwa berita menyebar dengan cepat tentang penambahan terbesar pada Fasilitas Pertumbuhan Tanaman: Cosmo si Bunga Bangkai.

Amorphophallus Titanum setinggi 5 kaki, yang dikenal sebagai bunga bangkai telah mekar, tulis Askren dalam collegian.com. "Hanya ada sekitar 1.000 yang tersisa di dunia di tanah asli," kata Tammy Brenner, manajer CSU Plant Growth Facilities conservatory atau PGF dan orang yang membawa Cosmo ke Fort Collins.

"Alasan mengapa hanya ada sedikit yang tersisa terutama karena penggundulan hutan, tapi saya pikir alasan lainnya adalah karena bunga ini membutuhkan waktu delapan tahun untuk tumbuh."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Brenner mendapatkan Cosmo dan satu bunga bangkai lainnya pada tahun 2016 saat pertukaran tanaman di sebuah konferensi di Cornell University.

Bau yang merembes ke seluruh konservatori pada hari Minggu, 26 Mei, adalah alasan mengapa Cosmo secara tidak resmi dikenal sebagai bunga bangkai. Senyawa organik dimetil trisulfida dan trimetilamina memberikan aroma busuk yang terkenal pada bunga ini dan menjadi titik fokus penelitian yang dilakukan CSU terhadap bunga ini.

"Kami tertarik untuk melihat apakah ada perbedaan dalam filosfer tanaman ini," kata Valerie Seitz, seorang peneliti pascadoktoral di laboratorium penelitian Associate Professor Jessica Metcalf di departemen ilmu hewan.

"Ada banyak lipatan dalam dan luar yang berbeda baik di dalam maupun di luar daun, dan ada berbagai organ tanaman yang berbeda yang membuat kami tertarik untuk melihat apakah ada perbedaan mikroba di antara organ-organ yang berbeda ini dan apakah hal tersebut berpotensi berkontribusi pada beberapa bau yang kami terima."

Kehadiran Cosmo di CSU telah membuat para ahli menemukan bahwa hanya sedikit penelitian yang telah dilakukan pada Amorphophallus titanum. "Saya merasa bahwa ini adalah organisme yang kurang diteliti karena sangat langka," kata Seitz.

Semua orang mencoba untuk terlibat di dalamnya. Ada beberapa kaitan evolusi yang sangat menarik, seperti, mengapa tanaman ini berevolusi untuk menghasilkan bau yang biasanya diasosiasikan dengan daging yang membusuk? Kekuatan evolusi seperti apa yang dimiliki oleh tanaman itu? Seitz pikir itu adalah jalan yang sangat menarik yang sedang ditelusuri oleh para peneliti.

Meskipun keunikan evolusi ini memberikan pengalaman yang menarik bagi manusia modern, namun hal ini merupakan kerugian reproduksi bagi Bunga Bangkai dan menjadi salah satu alasan mengapa hanya ada sedikit bunga bangkai yang tersisa di alam liar. Bunga bangkai, yang berasal dari Sumatra, Indonesia, perlahan-lahan punah, sebagian karena penggundulan hutan tetapi juga karena proses reproduksi yang tidak efisien.

"Bunga Bangkai membutuhkan tanaman lain di areanya untuk tumbuh dan menghasilkan serbuk sari pada saat yang bersamaan," kata Brenner.

"Jadi secara evolusioner, bunga tersebut tidak benar-benar mengatur programnya untuk populasi dengan baik karena Anda perlu memiliki dua bunga yang mekar pada saat yang sama setiap tujuh hingga delapan tahun sekali."

Sekarang Cosmo telah menyelesaikan mekar pertama dalam hidupnya, siklus antara setiap mekar seharusnya relatif lebih pendek.

Pada puncaknya, orang-orang dari seluruh Colorado melakukan perjalanan untuk melihat mekarnya bunga ini. Terlepas dari ratusan orang yang mengunjungi fasilitas tersebut, para peneliti masih mengambil sampel dan melakukan survei, salah satunya menyelidiki panas yang dihasilkan bunga bangkai selama proses mekar.

"Karena bunga ini tumbuh begitu cepat dalam waktu yang singkat, bunga ini menghasilkan banyak panas, dan ini adalah sesuatu yang ingin kami jelajahi," kata Brenner.

"Pangkal tanaman bisa mencapai sekitar 90 derajat selama masa pertumbuhan terbesarnya. Paling banyak yang pernah saya lihat tumbuh adalah hampir 6 inci dalam satu malam - begitulah cara kami mengetahui bahwa tanaman ini akan mekar karena pertumbuhannya mulai melambat."

Masyarakat umum dapat melihat Cosmo antara pukul 9 pagi dan 15.00 setiap hari saat bunga ini mekar di konservatori PGF.

"Saya baru saja mendengarnya di Facebook dan saya pikir ini akan sangat menarik," kata Michelle Baum, anggota komunitas Fort Collins. "Saya akan memberikan nilai 10 dari 10."  ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu