x

ilustrasi konten kreator (pexels/Karolina Kabompics)

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Selasa, 18 Juni 2024 07:50 WIB

Enam Keterampilan yang Harus Dimiliki Konten Kreator Sukses

Menjadi seorang konten kreator itu mudah asal tahu enam skill ini. Keahlian dalam mengemas konten menjadi sajian yang menarik di mata audiens menjadi hal wajib yang dimiliki oleh seorang konten kreator.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjadi seorang konten kreator itu mudah asal tahu enam keetrampilan ini. Keahlian dalam mengemas konten menjadi sajian yang menarik di mata audiens menjadi hal wajib yang dimiliki oleh seorang konten kreator.

Seorang konten kreator juga harus memiliki kemampuan analisis yang mendalam terkait kontan apa yang akan diproduksinya. Karena konten yang dibuat oleh seorang konten kreator adalah perwajahan dari kreator tersebut.

Maka dari itu, seorang konten kreator harus memiliki skill dasar agar kontennya selain bisa viral juga bisa memberi dampak kepada masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak dari kita menganggap bahwa konten kreator yang sudah punya nama sekarang adalah hasil dari keberuntungan, padahal faktanya konten yang mereka buat sudah terkonsep dengan matang dan sudah tahu siapa target audiensnya.

Maka dari itu membuat konten yang relevan bagi penonton menjadi keharusan bagi kamu yang ingin menjadi konten kreator. Konsep yang matang dan skill menjadi hal yang wajib kamu miliki.

Agar keinginan kamu menjadi konten kreator yang sukses dan mendapatkan penghasilan dari membuat konten bisa terwujud.

Berikut ini skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang konten kreator, enam skill wajib kamu pelajari ya.

  1. Kemampuan riset dan analisis

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang konten kreator ialah harus memiliki kemampuan riset dan analis.

Kemampuan ini digunakan untuk menganalisis siapa audiens kamu, sehingga konten yang kamu buat relevan dengan target audiens.

Selain riset audiens, kemampuan riset kata kunci yang sedang trending juga perlu kamu miliki terutama bagi kamu yang ingin membuat konten platform Youtube atau blog. Dengan mengetahui kata kunci yang sedang banyak dicari besar kemungkinan kontenmu akan banyak dicari orang.

Untuk memperkuat kata kunci, di media sosial biasanya menggunakan taggar untuk menandai tema konten, konten yang memiliki relevansi dengan hastag yang digunakan akan mudah ditemukan oleh pengguna.

  1. Kemampuan menulis dan copywriting

Kemampuan ini wajib kamu miliki, terutama bagi konten kreator yang berbasis tulisan, skill menulis wajib kamu miliki jika ingin menjadi konten kreator.

Selain konten kreator yang berbasis tulisan, skill menulis juga sangat penting untuk membuat voice over sebuah video agar konten video kita nyaman ditonton dan penonton memahami apa yang kita bahas.

  1. Foto atau videografi

Bagi kamu yang ingin menjadi konten kreator, skill dasar yang wajib kamu miliki ialah skill foto dan videografi. Kedua skill ini wajib kamu miliki, meski tidak harus menguasai teknik fotography dan videography minimal kamu mengetahui basic knowledge dari kedua skill tersebut.

  1. Design dan editing

Kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang konten kreator ialah kemampuan desain dan editing. Kedua kemampuan ini wajib kamu miliki.

Kemampuan ini sangat berpengaruh pada perbedaan kontenmu dengan konten kreator lainnya, dengan desain yang  unik serta editing yang ciamik akan menjadikanya sebagai cirikhas kamu dan kamu akan dikenal dari editingmu.

  1. Memahami algoritma media sosial

Memahami algoritma media sosial sangat penting bagi kamu yang ingin memulai menjadi konten kreator. Setiap media sosial memiliki algoritma yang berbeda-beda.

Seperti halnya instagram yang kini memprioritaskan video pendek, hal ini berbeda dengan Youtube yang masih memprioritaskan video panjang. Media sosial lain tentu memiliki algoritma yang berbeda pula untuk itu pelajari semua algoritma media sosial jika ingin menjadi konten di semua media sosial tersebut.

Dengan memahami algoritmanya kita juga membaca behavior pengguna melalui menu insight dan analytic. Kita bisa menganalisa melalui dashboard yang disediakan untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memposting video agar mendapatkan engagement yang tinggi.

  1. Manajemen waktu

Kemampuan mengatur waktu agar konsisten memproduksi konten adalah hal wajib bagi konten kreator pemula. Terkadang kita putus asa di tengah jalan ketika konten kita sepi tanpa penonton, padahal kita belum konsisten dalam membuat konten.

Hal ini dapat diatasi dengan membuat kalender konten selama sebulan atau seminggu, agar kita ada persiapan konten apa yang akan kita buat dalam bulan ini atau minggu ini sehingga kita bisa konsisten upload konten sesuai dengan rencana awal kita.

Itulah enam skill yang harus dimiliki oleh konten kreator pemula, terapkan keenam skill tersebut dengan versi terbaikmu bukan tidak mungkin keinginanmu menjadi konten kreator sukses akan menghampirimu.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler