x

Iklan

Diding

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2024

Rabu, 19 Juni 2024 15:50 WIB

Cara Daftar dan Manfaat Facebook ads

Untuk mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas, media sosial menjadi media yang tepat untuk menunjang strategi pemasaran Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas, media sosial menjadi media yang tepat untuk menunjang strategi pemasaran Anda, seperti iklan FB. Namun untuk beriklan melalui FB, Anda harus mengetahui cara mendaftar iklan FB terlebih dahulu yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini seperti yang dilansir ciobet88.

Facebook Ads adalah platform periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk memungkinkan bisnis, organisasi, atau individu mempromosikan produk, layanan, atau konten mereka kepada pengguna Facebook. Platform ini memungkinkan pengiklan untuk menargetkan audiens mereka dengan sangat spesifik berdasarkan berbagai kriteria, termasuk demografi, lokasi geografis, minat, perilaku online, dan lainnya.

Persiapan Membuat Iklan di Facebook

Sebelum membuat iklan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain: akun Facebook yang aktif, fan page, gambar atau video, materi copywriting dan kartu kredit. Setelah Anda mempersiapkan hal-hal tersebut, simak cara mendaftar dan membuat iklan FB di bawah ini.

Cara Daftar FB Ads Lengkap

Buat Manajer Bisnis

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ini adalah media dari Facebook untuk mengelola beberapa akun iklan, mengelola banyak halaman, dan juga dapat bekerja sama dengan pengelola bisnis lainnya. Cara membuatnya pun mudah, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

Kunjungi situs web bisnis.facebook.com. Buat akun baru dengan memberi nama bisnis Anda. Anda dapat menambahkan kata “Belanja” setelah nama bisnis Anda jika Facebook tidak mengizinkan penggunaan nama pilihan Anda.

Lanjutkan modifikasi hingga Anda mendapatkan persetujuan nama bisnis dari Facebook. Gunakan huruf kapital pada kata pertama untuk memudahkan persetujuan. Kemudian pilih "Lanjutkan" dan masukkan nama dan email Anda, lalu klik "Selesai".

- Buat Halaman Penggemar/Halaman

- Fanpage merupakan tempat beriklan. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

- Klik Manajer Bisnis, lalu klik Pengaturan Bisnis

- Klik Halaman, lalu tambahkan halaman baru

Jika Anda sudah memiliki fanpage sebelumnya, pilih Add a Page. Setelah itu ada beberapa pilihan kategori. Untuk yang paling sederhana gunakan yang paling bawah yaitu Cause atau Community karena mudah.

Beri Nama Halaman Anda

Klik Tambah Orang untuk menambahkan orang yang dapat mengakses halaman ini. Namun pastikan orang tersebut terdaftar di Business Manager. Klik link di bawah nama Halaman dan tandai agar lebih mudah ditemukan nanti.

Buat Akun Periklanan Iklan Facebook

Jika Anda sudah membuat Facebook Fanpage, cara mendaftar FB ads selanjutnya adalah dengan membuat akun iklan Facebook. Pertama, klik Manajer Bisnis, lalu klik Pengaturan Bisnis. Pada bagian Akun, klik Akun Iklan lalu Tambahkan Akun Iklan Baru. Pilih bagian Buat Akun Iklan Baru di bawah.

Kemudian masukkan nama akun periklanan. Nantinya Anda bisa mengganti nama akun, jadi tidak perlu terlalu khawatir dalam mengisinya. Kemudian gunakan zona waktu Indonesia GMT +7 dan mata uang IDR, dan klik tombol Buat Akun Iklan.

Pilih Audiens

Saat memilih target audiens, perhatikan indikator ukuran audiens di sisi kanan layar untuk mendapatkan gambaran potensi jangkauan iklan Anda.

Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Setelah memilih audiens Anda, gulir ke bawah untuk memilih di mana Anda ingin menampilkan iklan Anda. Pilih opsi penempatan otomatis, maka Facebook akan otomatis memasang iklan Anda di Facebook, Instagram, dan lainnya.

Tetapkan Anggaran dan Jadwal.

Anda dapat memilih anggaran harian atau seumur hidup, dan dapat menetapkan jadwal kapan iklan dapat ditampilkan dan jadwal akhir kampanye iklan. Setelah selesai, lalu klik Lanjutkan.

Buat Iklan

Cara terakhir untuk mendaftar iklan FB, pilihlah format yang sesuai dengan tujuan pemasaran yang telah Anda pilih sebelumnya. Gunakan pratinjau di bagian bawah untuk memastikan iklan Anda terlihat bagus dan menarik di semua platform penempatan yang Anda tentukan.

Facebook Ads memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran mereka. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan Facebook Ads:

Penargetan yang Tepat

Demografi dan Geografi: Pengiklan dapat menargetkan audiens berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, bahasa, dan status pernikahan.

Minat dan Perilaku: Iklan dapat ditargetkan berdasarkan minat, aktivitas online, dan perilaku belanja pengguna.

Retargeting: Pengiklan dapat menargetkan ulang pengguna yang telah berinteraksi dengan bisnis mereka sebelumnya, seperti mengunjungi situs web atau berinteraksi dengan halaman Facebook mereka.

Jangkauan Luas

Facebook memiliki miliaran pengguna aktif, memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens global dengan mudah. Pengiklan juga bisa menjangkau pengguna di Instagram, Messenger, dan Audience Network.

Biaya Efektif

   - Pengiklan dapat mengatur anggaran harian atau total sesuai kemampuan finansial mereka.

   - Model penawaran fleksibel seperti CPC (cost-per-click) atau CPM (cost-per-impression) memungkinkan pengiklan memilih strategi yang paling sesuai dengan tujuan mereka.

Beragam Format Iklan

   - Facebook Ads menawarkan berbagai format iklan, termasuk gambar tunggal, video, karosel, koleksi, dan iklan cerita.

   - Format yang berbeda memungkinkan pengiklan untuk menyampaikan pesan mereka dengan cara yang paling menarik bagi audiens.

Analisis dan Pelaporan

   - Facebook menyediakan alat analitik yang kuat untuk melacak kinerja iklan secara real-time.

   - Pengiklan dapat melihat metrik seperti jangkauan, klik, konversi, dan ROI, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan kampanye secara berkelanjutan.

Dengan manfaat-manfaat ini, Facebook Ads menjadi alat yang sangat berharga bagi bisnis untuk menjangkau audiens mereka, meningkatkan visibilitas merek, dan mencapai tujuan pemasaran mereka dengan cara yang efektif dan efisien.

Ikuti tulisan menarik Diding lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler