x

Iklan

AFZAL ARVI

Mahasiswa Sejarah Universitas Padjadjaran
Bergabung Sejak: 20 Juni 2024

Jumat, 21 Juni 2024 09:56 WIB

Video Game Sebagai Sarana Pengenalan Sejarah

Artikel ini akan menjelaskan bagaiman video game dapat berperan sebagai sarana untuk memperkenalkan sejarah. Lewat artikel ini juga akan diberikan contoh game yang dapat mengenalkan kita kepada sejarah tertentu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Video game memang terkenal sebagai hiburan bagi para pemainnya. Akan tetapi, lewat video game kita juga dapat mendapat pengetahuan lebih. Video game dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pengetahuan salah satunya sejarah. Lewat video game kita dapat lebih mengenal tentang suatu sejarah. Karena, selama ini pengetahuan tentang sejarah kita dapatkan dengan cara yang konvensional seperti lewat sekolah maupun membaca buku. Sedangkan minat untuk membaca buku di Indonesia bisa terbilang rendah. Bagaimana jika kita ingin memperkenalkan sejarah kalau minat baca di Indonesia rendah ? Padahal pembelajaran sejarah itu penting untuk meningkatkan pengetahuan di masa lalu yang dapat dijadikan pembelajaran untuk masa depan yang lebih baik.

Nah, video game dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan sejarah kepada masyarakat. Kenapa video game? Video game sendiri terkenal karena adanya interaksi antara para pemainnya dan juga game itu sendiri. Tentu saja hal ini akan lebih mengasyikkan dibanding memperkenalkan sejarah lewat membaca buku. Interaksi yang dihasilkan lewat video game dapat membuat kita lebih tertarik pada hal yang ada dalam game tersebut. Pendekatan lewat hal yang menyenangkan akan lebih mudah diterima. Lewat video game kita akan lebih mudah mencerna hal yang disajikan oleh game yang kita mainkan. 

Banyak game yang mempunyai unsur sejarah didalamnya, saya sendiri membaginya menjadi dua kategori. Pertama, ada game yang mengandalkan cerita sebagai daya tarik utama game tersebut. Game seperti ini membuat para pemainnya merasakan langsung cerita yang disajikan lewat karakter-karakter yang tersedia dalam game tersebut. Berikut ada beberapa game bertema sejarah yang menyajikan peristiwa sejarah di dalamnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Samurai Warriors 5

Game ini mengambil latar belakang pada Zaman Sengoku di Jepang. Peperangan yang melanda seluruh dataran Jepang mengguncang stabilitas Keshogunan Ashikaga pada waktu itu. Samurai Warriors 5 sangat berfokus pada salah satu tokoh yang mempunyai peranan penting pada Zaman Sengoku yaitu, Nobunaga Oda. Pada game ini kita disajikan karakter - karakter yang terlibat dalam zaman sengoku mulai dari penyerangan Imagawa ke wilayah Owari hingga Insiden HonnoJi. Dalam game ini kita disajikan kisah-kisah dan pertempuran yang membuat pemainnya merasakan experience sebagai tokoh-tokoh yang disajikan dalam game ini. Game ini juga disajikan dengan visual yang memukau mata. Dari penyampaian sejarah yang mudah diterima game ini dapat membuat kita mendalam Zaman Sengoku lebih jauh lagi.

 

Dynasty Warriors

Dynasty Warriors merupakan game yang menggambarkan masa Tiga Kerajaan, mulai dari Yellow Turban Rebellion yang dipimpin Zhang Jiao hingga berkuasanya keluarga Sima di dataran Cina. Kisah ini berfokus pada masing-masing kerajaan pada akhir Dinasti Han. Kita akan disajikan kisah dari Kerajaan Wei, Shu, Wu dan Jin. Masing - masing cerita dari kerajaan tersebut akan disajikan lewat sebuah pertempuran yang bisa kita mainkan sebagai tokoh-tokoh yang disajikan seperti Liu Bei, Cao-Cao, Sun Quan, Lu Bu, Guan Yu, Zhuge Liang, dan masih banyak lagi. Dynasty Warriors sendiri masih satu developer dengan game Samurai Warriors, sehingga gameplay yang disajikan akan ada kemiripan antara dua game tersebut. 

 

Call of Duty: WWII

Call of Duty: WWII merupakan game fps yang memfokuskan ceritanya pada perang dunia eropa yang terjadi. Fokus game ini berada di wilayah eropa, pertempuran yang terjadi di Front Barat. Disini pemain akan mengontrol karakter Ronald “Red” Daniels yang merupakan seorang infantri Amerika Serikat. Latar waktu yang diambil sekitar tahun 1944 hingga 1945 selesainya Perang Dunia ke-2

 

Kemudian ada juga game sejarah yang membuat kita sebagai pelaku utama pada masa tertentu, Game seperti ini biasanya bergenre Real TIme Strategy, Simulation, Sandbox. Pada game-game seperti ini kita diberi keleluasaan sebagai yang menggerakan sejarah. Berikut beberapa game yang dapat membantu

 

Europa Universalis IV

Dalam game ini kita dapat mengontrol suatu kerajaan maupun negara yang bermula pada tahun 1444. Kita akan dapat mengatur segala aktivitas dari kerajaan yang kita pilih seperti diplomasi, peperangan, pembangunan, pemerintahan, militer, ekonomi dan juga kestabilan kerajaan. Di game ini kita akan disajikan event sejarah sesuai dengan tahun yang nyata dalam sela permainannya. Dalam game ini kita dapat menulis sejarah baru sesuai dengan keinginan kita.

 

Age of Empire

Age of Empire series merupakan game Real Time Strategy yang membuat kita dapat berimajinasi sesuai dengan peradaban yang kita pilih. Dalam game ini juga akan disajikan mode Campaign, dimana disitu kita akan disajikan peristiwa-peristiwa dalam suatu periode tertentu. Dalam game ini kita akan mengontrol suatu peradaban dan melawan peradaban lainnya yang dikontrol oleh komputer maupun pemain yang lain. Dalam Age of Empire kita akan diberi kebebasan untuk membangun peradaban yang kita pilih dari awal dan mengalahkan pemain lainnya.

 

Hearts of Iron IV

Hearts of Iron IV merupakan game strategi yang membawa kita kembali pada masa Perang Dunia II. Di game ini kita dapat memilih negara yang terlibat dalam Perang Dunia II. Kita bisa menentukan nasib dari negara yang kita mainkan lewat kebijakan-kebijakan yang kita pilih. Selain mengikuti sejarah secara nyata, dalam game ini kita juga ditawarkan beberapa alternatif sejarah lewat beberapa pilihan. Kita sebagai pemain akan menentukan sendiri nasib negara yang kita pilih.

 

Total War

Total War series merupakan game yang menggabungkan aspek Turn-Based Strategy dan juga Real-Time Strategy didalamnya. Total War series sendiri memiliki banyak variasi sesuai yang membahas sejarah seperti Three Kingdom, Roma, Shogun dan masih banyak lagi. Selain kita akan mengontrol kebijakan negara yang kita pilih, dalam game ini kita juga bisa berpartisipasi secara langsung dalam pertempuran yang kita lakukan. Kita dapat mengatur dan memerintahkan secara langsung pasukan kita untuk mencapai kemenangan.

 

Memang video game tidak dapat dijadikan sumber yang primer ketika mempelajari sejarah. Namun, lewat video game kita dapat memperkenalkan sejarah dengan cara yang mudah diterima. Karena, lewat video game kita dapat menumbuhkan rasa tertarik akan isi dari game yang kita mainkan. Jika kita sudah tertarik akan suatu hal, maka hal itu akan kita perdalam lebih lanjut. Pada awalnya kita dikenalkan sejarah lewat video game, lama kelamaan apabila kita tertarik akan sejarah yang kita mainkan kita akan mempelajarinya lebih dalam lagi. Ketika kita sudah suka dengan sejarah, ketika kita membaca buku tentang sejarah yang kita habis mainkan tak akan terasa membosankan.

 

Semoga kedepannya akan ada developer game yang mengangkat sejarah Indonesia. Supaya kita dapat memperkenalkan sejarah Indonesia tidak hanya dengan cara yang konvensional. 

Ikuti tulisan menarik AFZAL ARVI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler