x

Lukisan ikonik karya Johannes Vermeer

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Jumat, 21 Juni 2024 09:57 WIB

Misteri Maria pada Lukisan Girl With a Pearl Earring Karya Johannes Vermeer

Sebagian besar wanita dalam lukisan Johannes Vermeer tidak sehat. Subjek wanita kebanyakan melakukan kegiatan sehari-hari dalam 36 kanvas pelukis Zaman Keemasan Belanda ini-mereka menjawab surat-menyurat, memainkan alat musik, menuangkan susu. Namun, ada teka-teki atau misteri tentang sosok Maria pada lukisan ikonik Johanes Vermeer.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagian besar wanita dalam lukisan Johannes Vermeer tidak sehat. Subjek wanita kebanyakan melakukan kegiatan sehari-hari dalam 36 kanvas pelukis Zaman Keemasan Belanda ini-mereka menjawab surat-menyurat, memainkan alat musik, menuangkan susu.

Mereka duduk atau berdiri dalam interior yang penuh dengan benda-benda yang menarik perhatian dan konteks. Ada dua pengecualian untuk aturan ini: Portrait of a Young Woman (sekitar 1666-67) dan apa yang bisa dibilang sebagai lukisan Vermeer yang paling terkenal, Girl With a Pearl Earring atau “Gadis Berkalung Anting Mutiara”  (1665).

Kedua gadis terakhir ini tidak dibingkai oleh interior dan alat peraga yang memberikan petunjuk tentang siapa mereka, atau seperti apa kehidupan mereka. Mereka disiluminasi dengan latar belakang yang gelap dan mata kita tidak memiliki tempat untuk beristirahat selain fitur mereka. Semakin Anda perhatikan, semakin banyak pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Secara kasat mata, “Gadis dengan Anting Mutiara” adalah pose tiga perempat yang langsung menyerupai seorang wanita muda. Pada kenyataannya, gadis anonim ini cukup misterius.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dijuluki sebagai "Mona Lisa dari Utara", ada sesuatu yang tidak dapat diketahui dan universalitas pada dirinya. Sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang seperti apa dia sebenarnya karena wajahnya yang dimiringkan, dan bahkan warna rambutnya pun tidak sepenuhnya jelas. Scarlett Johansson remaja memerankannya dalam film tahun 2003 yang didasarkan pada buku tahun 1999 karya Tracy Chevalier,  Girl with a Pearl Earring.

Berikut adalah tiga hal yang mungkin tidak Anda ketahui tentang tipe perhiasan Vermeer, Gadis dengan anting-anting mutiara.

Pertanyaan Maria

Vermeer menggunakan rumah ibu mertuanya, Maria Thins, tempat ia juga tinggal bersama dengan istrinya, Catharina dan 11 anak mereka, sebagai latar belakang untuk banyak lukisannya. Diasumsikan bahwa penghuni rumah yang penuh sesak di Delft itu juga menjadi model untuk kanvasnya.

Maria juga merupakan nama anak tertua Vermeer, yang mungkin merupakan wanita muda dalam lukisan Girl With a Pearl Earring dan juga gadis dalam lukisan The Art of Painting (1668). Seorang sarjana, Benjamin Binstock, membawa teori ini pada simpulan yang lebih kontroversial dalam bukunya, Vermeer's Family Secrets (2008), dengan membayangkan bahwa Maria juga bekerja sebagai asisten ayahnya dan menghasilkan lukisannya sendiri.

Binstock percaya bahwa sekelompok enam lukisan yang tidak sesuai dengan keterampilan teknis atau penggunaan bahan Vermeer, tetapi tetap didasarkan pada interior dan modelnya, mungkin dikaitkan dengan Maria. Ini termasuk dua karya Vermeer yang hanya ada di panel kayu, yang menurut Binstock merupakan potret diri Maria-Girl with a Red Hat (1666-67) dan Girl with a Flute (1672).

Vermeer tidak memiliki asisten yang terdaftar, mengesampingkan kemungkinan itu, dan tidak akan diminta untuk mendaftarkan anak-anaknya sendiri ke serikat pelukis Delft. Jadi, apakah gadis dengan anting-anting mutiara itu adalah Maria, dan apakah Maria juga seorang pelukis?

Ada Kemewahan di Balik Mutiara

Mutiara adalah barang mewah pada zaman Vermeer - mahal dan diperoleh dengan risiko besar. Banyak mutiara yang dipanen dan diimpor dari Teluk Mannar, sebuah wilayah yang saat itu dikuasai oleh Belanda dan terletak di antara ujung tenggara India dan pesisir barat Sri Lanka. Pada era sebelum adanya tabung oksigen dan peralatan menyelam, para penyelam berenang ke tempat tiram dan mengambil risiko tenggelam atau dimakan oleh hewan laut, sering kali dengan bayaran yang kecil atau bahkan tanpa bayaran sama sekali.

Perusahaan Hindia Timur Belanda kemudian menjual mutiara-mutiara ini di jalur perdagangan, dan semakin besar mutiaranya, semakin mahal harganya. Ini berarti anting-anting mutiara berukuran besar seperti yang dikenakan Tronie ini akan sangat mahal, tentu saja di luar kemampuan seorang seniman yang harus tinggal bersama ibu mertuanya.

Diasumsikan bahwa anting-anting dalam potretnya adalah mutiara imitasi yang saat itu ada di pasaran, dibuat oleh peniup kaca Venesia dan dipernis dengan hasil akhir matte. Mungkin anting-anting itu terbuat dari timah. Atau mungkin tidak ada anting-anting yang sebenarnya dan Vermeer hanya mengarangnya dengan satu atau dua sapuan cat putih.

Dia adalah seorang ahli dalam melukis pantulan cahaya, jadi mutiara itu bisa jadi merupakan perpanjangan dari keahliannya. Anting-anting itu bahkan tidak menjadi fokus lukisan hingga pertengahan tahun 1990-an; sampai saat itu, lukisan ini biasanya disebut Gadis dengan Sorban. Jadi, mutiara itu adalah tiruan, tetapi ada barang mewah yang sebenarnya dalam lukisan itu yang tersembunyi di depan mata.

Petak-petak besar kain biru pada sorban gadis itu dicat dengan warna biru laut, terbuat dari lapis lazuli (pigmen yang sangat langka sehingga secara historis hanya diperuntukkan bagi Perawan Maria). Hampir semua warna biru laut yang digunakan dalam sejarah seni berasal dari Afghanistan timur laut, diperoleh melalui proses penambangan yang melelahkan, mengangkut batu tersebut menuruni gunung, dan mengirimkannya ke Eropa (tempat pigmen diekstraksi melalui proses yang rumit). Jadi, bisa dibilang, memanen lapis lazuli sedikit mirip dengan menyelam mencari mutiara. Ultramarine adalah pigmen yang paling mahal, lebih mahal dari emas.

Vermeer juga menggunakan warna merah terang pada bibir dan kulit gadis itu, yang mungkin berasal dari spesies serangga Dactylopius coccus Costa yang hidup di kaktus pir berduri di wilayah Andes dan Meksiko. Serangga betina dikeluarkan dari kaktus, dikeringkan, dan dihancurkan untuk membuat pewarna merah tua.

Dijual dengan harga sangat murah

Tanda tangan pada lukisan Girl With a Pearl Earring merupakan salah satu tanda tangan Vermeer yang terbesar. Namun,  hal tersebut tidak meningkatkan nilainya ketika terakhir kali dijual di pasar, pada lelang tahun 1881. Anting ini terjual hanya dengan harga 2 gilders dan 30 sen, karena tidak dikenali sebagai Vermeer sampai kemudian.

Vermeer menandatangani 25 dari 35 karyanya yang banyak dikaitkan dan menempatkan tanda tangannya di berbagai bagian kanvas - terkadang di area kosong, terkadang di objek (seperti batu, bangku, bingkai foto). Beberapa di antaranya terlihat mencolok, sementara yang lainnya kecil dan hampir tersembunyi.

Tanda tangannya dalam lukisan Girl With a Pearl Earring merupakan salah satu tanda tangannya yang terbesar, tetapi tanda tangan ini menghilang seiring berjalannya waktu. Terletak di sudut kiri atas dari latar belakang yang sekarang menghitam, yang pada awalnya merupakan glasir hijau dengan lapisan tembus pandang berwarna biru dan kuning di atasnya.

Saat rona warna berubah, ini mengaburkan versi tanda tangannya yang ia gunakan dengan huruf I, V, dan M yang terjalin seperti monogram. Menurut laporan Karen Cherbick dalam news.artnet.com, saat ini, monogram tersebut nyaris tidak terlihat secara kasat mata. ***

 

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu