x

suasana pelatihan public speaking di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta

Iklan

Muhammad Rizal Firdaus

Content Writer
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Sabtu, 22 Juni 2024 18:25 WIB

Kuasai Keterampilan Ini Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Kita perlu mengetahui tip dasar dari public speaking agar bisa menyampaikan yang ada dalam fikiran. Dan, catat, public speaking juga mempunyai fungsi persuasif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terkadang kita berfikir sulit untuk bisa berbicara di depan umum, padahal setiap hari kita berkomunikasi. Masalah ini sering menjadi penghambat seseorang dalam meraih kesuksesan.

Lantaran skill public speaking adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siapapun, kemampuan ini sangat berguna dalam menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan.

Pesan yang tidak tersampaikan dengan baik akan sulit dimengerti oleh orang yang kita ajak komunikasi. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang tidak hanya tersampaikan kepada lawan bicara akan tetapi bisa dipahami dengan baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kebanyakan dari kita belum bisa menyusun argumen dan penyusunan kata sehingga apa yang kita sampaikan belum bisa diterima dengan baik dan audiens sulit untuk menerima argumen kita.

Persoalan lain yang banyak dialami adalah kebanyakan audiens tidak memperhatikan kita dengan seksama sehingga kita cenderung disepelekan ketika berbicara.

Untuk itu kita perlu mengetahui tip dasar dari publik speaking agar kita bisa menyampaikan apa yang ada dalam fikiran kita. Karena fungsi dari public speaking tidak hanya untuk menyampaikan gagasan, akan tetapi juga mempunyai fungsi persuasif.

Maka dari itu ada beberapa tip yang perlu anda persiapkan untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum. Berikut ini tip dasar public speaking untuk pemula.

1. Topiknya jelas

Tentukan topik yang akan kamu sampaikan kepada audiens, dengan menentukan topik yang spesifik, pesan yang ingin kamu sampaikan akan lebih mudah dipahami karena audiens akan bisa menerka kemana arah pembicaraan kamu.

Selain topik, kamu juga harus menguasai materi yang ingin kamu sampaikan. Penguasaan materi menjadi pondasi kamu akan lancar dalam public speaking, untuk itu kuasai materi yang akan kamu sampaikan sebelum berbicara di depan umum.

2. Listening Skill

Kemampuan yang kedua adalah listening skill, kemampuan ini berkaitan dengan teknik komunikasi dua arah. Jadi ketika kamu berkomunikasi tidak monoton kamu yang menyampaikan materi. Ajak audiens untuk berinteraksi denganmu.

Dengan begitu, audiens akan lebih tertarik dengan topik pembicaraanmu dan audiens juga akan lebih mengeksplorasi sejauh mana pemahaman audiens tentang topik yang kamu sampaikan.

3. Kontak mata, bahasa tubuh dan ekspresi

Agar komunikasimu lebih efektif, gunakan bahasa tubuh untuk mengilustrasikan apa yang kamu sampaikan, selain itu bahasa tubuh juga berguna agar audiens fokus kepada yang menyampaikan. Selain bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata juga sangat penting dalam publik speaking hal ini berguna untuk memberikan kesan bahwa kita sedang berkomunikasi dengan yang kita ajak kontak mata sehingga audiens lebih fokus dengan kita dan apa yang kita sampaikan.

Itulah tiga tip dasar public speaking, tip ini sangat mudah dilakukan jika kita mau berlatih setiap saat, karena tanpa latihan dan percobaan kita tidak akan tahu sejauh mana kemampuan kita dalam public speaking.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Rizal Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler