x

Iklan

Beni Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juni 2024

Minggu, 23 Juni 2024 22:42 WIB

Apa Itu Airbag Mobil? Yuk, Simak Penjelasan Lengkapnya

Pasti ada di antara Anda yang bertanya-tanya, apa itu airbag pada mobil dan fungsinya? Jika anda memiliki mobil maka hal yang paling utama yaitu keselamatan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pasti ada di antara Anda yang bertanya-tanya, apa itu airbag pada mobil dan fungsinya? Jika anda memiliki mobil maka hal yang paling utama yaitu keselamatan. Sebab, fitur keselamatan akan membantu pengemudi menjadi lebih aman.

Dari sekian banyak fitur keselamatan pada mobil, salah satu jenis yang banyak digunakan adalah airbag. Airbag merupakan fitur yang terletak di bagian depan untuk mencegah terjadinya benturan dengan kepala pengemudi dan penumpang depan. Namun saat ini banyak mobil yang memiliki airbag di bagian samping mobil selain airbag di bagian depan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai Airbag Mobil.

Apa Itu Airbag Mobil?

Airbag adalah salah satu inovasi keselamatan terpenting dalam beberapa dekade terakhir. Fitur keselamatan pada mobil ini memberikan perlindungan terpenting ketika orang mengalami kecelakaan. Benda ini biasanya tersembunyi namun langsung muncul ketika terjadi kecelakaan. Airbag depan sudah menjadi kebutuhan semua kendaraan sejak tahun 1999. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sedangkan airbag samping sebenarnya tidak wajib tetapi sebagian besar pabrikan memasukkannya sebagai perlengkapan standar guna memenuhi persyaratan perlindungan. Dengan memberikan benda penting pada daerah depan dan samping mobil maka akan memberikan keselamatan bagi pengendaranya. Airbag depan mengurangi kecelakaan fatal bagi pengemudi sebesar 29 persen dan penumpang depan sebesar 32 persen. 

Sementara airbag samping melindungi kepala sehingga mengurangi risiko kematian pengemudi akibat kecelakaan samping sebesar 37 persen dan mengurangi risiko kematian pengemudi SUV sebesar 52 persen. Beberapa peneliti telah menemukan cara mudah untuk menggunakan airbag. 

Pada jendela belakang, airbag dibuat untuk melindungi orang yang duduk di kursi belakang jika terjadi kecelakaan dari belakang. Airbag terletak di sisi antara pengemudi dan penumpang depan, membantu mengurangi kemungkinan kedua orang saling melukai jika terjadi kecelakaan.

Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang mampu mengurangi cedera pada penumpang dan pengemudi jika terjadi kecelakaan. Namun fitur ini tidak selalu muncul pada saat terjadi kecelakaan tertentu, sehingga pengemudi harus paham kapan fitur ini bisa muncul dan tetap menggunakan sabuk pengaman sebagai pelindung utama.

Ternyata fungsi lain dari airbag yaitu dapat melindungi Anda dari resiko kecelakaan yang terjadi. Fitur ini dapat membantu pengemudi dan penumpang terhindar dari cedera fatal. Apalagi cedera fatal biasanya menyerang leher, dada, dan kaki. Airbag biasanya muncul segera setelah terjadi kecelakaan sehingga bagian tubuh penting seperti kepala, leher, dan dada dapat terlindungi.

Airbag biasanya dipasang tergantung dengan jenis mobil yang Anda miliki. Menggunakan pelindung berupa sabuk pengaman saja bisa menyebabkan cedera serius pada kepala dan dada. Airbag ini dapat membantu memperlambat pergerakan penumpang dengan cepat ketika terjadi kecelakaan.

Fungsi Airbag Pada Mobil

Mobil yang dilengkapi airbag cenderung lebih aman. Untuk memahami lebih dalam mengenai fungsi airbag pada mobil, simak penjelasannya berikut ini.

Memberikan Perlindungan Bagi Pengemudi

Pengemudi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengemudikan sebuah mobil. Sebab, pengemudi otomotif akan menentukan kecepatan dan arah mobilnya. Karena posisinya paling depan, jika terjadi kecelakaan, pengemudi juga paling rentan mengalami cedera serius.

Kehadiran airbag mampu mencegah cedera tersebut. Ketika sensor airbag mendeteksi adanya benturan atau benturan keras, maka airbag akan mengembang sendiri dan melindungi tubuh serta kepala pengemudi dari benturan tersebut.

Lindungi Penumpang

Mungkin tidak semua merek mobil memasang airbag di kursi penumpang. Namun, untuk mobil yang dilengkapi 6 airbag di setiap kursinya, airbag tersebut juga berfungsi untuk melindungi penumpang. Cara kerjanya sama dengan airbag yang ada di kursi pengemudi. Ketika terjadi kecelakaan, maka airbag akan melindungi pengemudi mobil dari bahaya. 

Cara Kerja Airbag Mobil

Cara kerja airbag mobil yaitu dengan membentuk seperti bantalan yang akan mengembang untuk melindungi area tubuh dari bahaya. Airbang melindungi bagian vital tubuh, seperti kepala, leher, dan dada. Jadi letak semua airbag mobil biasanya sama, hanya saja beberapa mobil menyimpannya di beberapa titik. 

Biasanya semakin mahal harga mobil, semakin banyak pula fitur keamanan yang dimilikinya. Yang lebih jelas dari cara kerja airbag mobil adalah mobil mempunyai sensor tersendiri. Sehingga ketika sensor menilai terjadi perlambatan akselerasi yang signifikan dan terjadi benturan keras di bagian tertentu.

Sensor yang terletak di bagian depan akan langsung mengirimkan sinyal dan membuat kabel mekanisme airbag menjadi panas. Kemudian dengan cepat, panas yang dihasilkan menghasilkan sejumlah gas nitrogen yang mengisi kantung udara. Jadi airbag mengembang dengan cepat, dan setelah mengenai kepala pengemudi atau bagian tubuh lainnya, airbag perlahan mulai mengempis.

Beberapa peneliti membuktikan bahwa gas nitrogen yang keluar dari airbag tidak termasuk gas yang berbahaya bagi tubuh. Sebab, nitrogen menyumbang sekitar 78 persen komposisi udara yang dihirup setiap hari, berguna agar airbag tidak lengket (menempel) saat masih terlipat di dalam.

Sedangkan airbag yang dipasang di samping akan aktif jika kendaraan mengalami tabrakan atau tabrakan terjadi pada sudut tertentu. Penjelasannya, airbag kanan tidak akan mengembang saat sisi kiri mobil mengalami benturan keras, begitu pula sebaliknya.

Cara Menggunakan Airbag Mobil 

Pengendara mobil yang bijak, selain mengetahui cara kerja komponen pelindung diri ini, juga perlu mengetahui petunjuk penggunaan agar fungsinya dapat maksimal. Memperhatikan cara penggunaan bertujuan untuk menghindari kesalahan aplikasi. Pengguna mobil tidak boleh menabrak area di mana komponen pelindung diri berada. 

Pengguna mobil juga tidak perlu melakukan modifikasi pada beberapa komponen mobil seperti dashboard, bumper mobil, kemudi, panel instrumen, suspensi kendaraan karena dapat menurunkan kinerja kerja airbag mobil. Bahkan ketika komponen pelindung diri berfungsi, pengguna perlu memperhatikan beberapa hal yang mendesak. 

Ketika reaksi kimia ini terjadi, akan muncul suara bising dan bubuk putih akan terus menyebar. Kondisi ini terjadi akibat nitrogen yang dipaksa keluar dalam waktu sepersekian detik dengan daya dorong maksimum.

Demikian ulasan tentang Apa Itu Airbag Mobil? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya Sekarang Juga seperti yang dilansir alexistogel. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Beni Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler