x

Museum Hirshhorn

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Senin, 24 Juni 2024 08:36 WIB

Seni Kontemporer di Museum Hirshhorn yang dijuluki Donat Beton dan Arsitektur Brutalis

Museum nasional ini lahir berkat sumbangan 12.000 karya dari seorang kolektor. Sebuah pameran harta karunnya merayakan ulang tahun lokasinya di Washington D.C., sebuah ikon arsitektur Brutalis.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada dua gaya arsitektur yang secara tradisional digunakan di Washington D.C. untuk berbicara dalam bahasa kekuasaan, yang mungkin merupakan satu-satunya bahasa yang benar-benar dipahami oleh ibu kota. Salah satunya adalah Neo-klasikisme Gedung Putih, dengan keyakinan yang rapi pada cita-cita demokrasi.

Satunta lagi adalah Brutalisme, suram, murah dan serbaguna, yang membantu pemerintah AS pada pertengahan abad ke-20 dalam menaungi pemerintahan yang berkembang pesat dan dalam memproyeksikan citra dominasinya atas dunia bebas. Contoh yang terakhir termasuk kereta bawah tanah kota dan markas besar FBI yang mengerikan. Ada juga gedung-gedung apartemen, kedutaan besar, dan Departemen Perumahan karya Marcel Breuer, serta museum bundar, Hirshhorn, yang baru dibuka setengah abad yang lalu.

Dengan bentuknya yang monolitik, melingkar, hampir tanpa jendela dan ditinggikan di atas empat pilar, Museum dan Taman Patung Hirshhorn dengan cepat dibandingkan dengan donat beton besar, bunker, menara militer, dan tangki bensin. Ada Louise Huxtable, kritikus arsitektur New York Times yang ditakuti, bahkan menciptakan gaya baru untuk menggambarkan struktur tersebut: "Lahir-mati, neo-penjara modern," tulisnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Perjalanan waktu akhirnya menempatkan segala sesuatunya pada tempat estetisnya dan sekarang bangunan Gordon Bunshaft, yang dipimpin oleh firma Skidmore, Owings and Merrill, menjadi andalan di National Mall.  Hirshhorn adalah museum Smithsonian dan satu-satunya museum nasional di Amerika Serikat yang didedikasikan khusus untuk seni modern dan kontemporer.

 "Tidak hanya itu, museum ini juga satu-satunya museum yang bebas biaya masuk," direkturnya, Melissa Chiu dari Australia, menjelaskan kepada english.elpais.com.

Chiu mulai menjabat sebagai direktur pada tahun 2014, tahun perayaan 40 tahun museum ini. Misi utamanya adalah mengawasi 12.000 karya Joseph Hirshhorn (1899-1980), seorang pengusaha Latvia yang, meskipun dia menghasilkan kekayaan dari uranium, dikenal karena kebohongan yang dilakukannya untuk menutupi seringnya dia kabur dari tempat kerja demi memuaskan hasrat kolektor.

Dia juga terkenal karena secara impulsif membeli seluruh pameran atau apa pun yang tersedia di studio seniman tertentu, dan melakukan hal itu, hingga pertengahan 1950-an, tanpa bimbingan penasihat seni mana pun. Stéphane Aquin menjelaskan dalam salah satu teks katalog museum bahwa di masa lalu (hingga pertengahan 1960-an), Hirshhorn membeli dengan kecepatan yang luar biasa, yaitu dua karya per hari.

Sekitar 200 karya ini merupakan bagian dari pameran Revolutions, pameran pertama dari 3 pameran yang akan diselenggarakan oleh museum ini untuk memperingati 50 tahun sejak pembukaannya pada 4 Oktober 1974. Proyek ini meninjau kembali satu abad seni yang berlangsung dari tahun 1860 hingga 1960. Daftar karya yang akan ditampilkan, yang diperoleh museum "melalui proses seleksi yang sulit," menurut kurator Marina Isgro, yang mengerjakan pameran bersama Betsy Johnson.

Pameran yang bakal digelar  merupakan kumpulan karya agung yang tak tertandingi, dimulai dari patung Rodin dan dilanjutkan dengan karya-karya Mondrian, Picasso, Brancusi, O'Keeffes, Twombly, sebagian besar karya Giacomettis dan Calder, lukisan cat minyak yang luhur oleh Lee Krashner, serta dua karya Miró yang luar biasa. Selama setengah abad, tidak pernah ada begitu banyak karya yang dipamerkan bersamaan pada waktu yang sama. ***

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu