x

Ilustrasi anak makan buah dan sayur. Shutterstock

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 26 Juni 2024 13:16 WIB

Sarapan Terbaik demi Kesehatan Mental, Perlu Mengonsumsi Ini

Tidak ada sarapan tersehat yang pasti untuk semua orang. Apa yang kita makan saat sarapan, bergantung kepada tujuannya. Bagaimana jika tujuan kita adalah demi kesehatan mental. Simak penjelasannya berikut ini!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebuah penelitian ilmiah  menunjukkan hubungan yang kuat antara pola makan dan kesehatan mental. Jika tujuan utama Anda adalah untuk mendukung kesehatan mental Anda - termasuk mengatasi depresi atau kecemasan - Lon Ben-Asher, seorang ahli diet, mengatakan bahwa sarapan yang mengandung asam lemak omega-3, karbohidrat kompleks, protein, dan makanan yang difermentasi dapat membantu.

"Lemak omega-3 dikenal baik untuk mendukung kesehatan otak, termasuk mengurangi gejala kecemasan dan depresi," kata Ben-Asher.

"Karbohidrat kompleks membantu mengatur kontrol gula darah sekaligus menyediakan bahan bakar penting bagi tubuh dan meningkatkan kadar serotonin, yang dapat memperbaiki suasana hati."

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dia menambahkan bahwa makanan fermentasi mendukung usus, yang terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Jason Levee, seorang ahli diet, mengatakan kepada HuffPost bahwa salah satu jenis makanan yang sering disepelekan yang mendukung kesehatan mental adalah buah. Ia menjelaskan bahwa buah mengandung antioksidan yang tinggi, yang membantu mengurangi peradangan, termasuk di otak. Hal ini bermanfaat bagi kesehatan otak secara keseluruhan, termasuk kesehatan mental.

Dengan semua hal ini, seperti apa sarapan yang mendukung kesehatan mental? Ben-Asher mengatakan bahwa orak-arik tahu dengan sayuran dan satu porsi parfait yogurt Yunani dengan biji chia dan buah beri adalah salah satu contohnya.

Alex Oskian, seorang ahli diet terdaftar, menawarkan pilihan lain yang bagus: overnight oat yang terbuat dari gandum gulung, biji chia, bubuk protein, dan cairan pilihan Anda, semuanya ditaburi pisang.

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu