x

Generasi Z, kelompok yang terdiri dari individu-individu yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010

Iklan

Amam Swardi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Januari 2024

4 hari lalu

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Gen Z sebagai Poros Masa Depan Indonesia

Indonesia memiliki angkatan Gen Z yang terbilang besar dibandingkan negara lainnya. Itu menjadikan mereka poros utama dalam menentukan nasib Indonesia kelak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Gen Z merupakan istilah populer hari ini yang disematkan kepada generasi kelahiran 1997 sampain 2010-an. Mereka ini merupakan generasi dominan di zaman sekarang, hususnya di Indonesia jika dilihat dari worldometer, dan tentunya generasi ini merupakan segolongan muda mudi yang memasuki era produktif.

Indonesia memiliki angkatan yang terbilang besar, apapila dibandingkan dengan negara lainnya. Hingga pada satu sisi negeri ini memiliki keuntungan sumber daya manusia produktif melimpah, dan sekaligus menjadikan generasi Z sebagai poros utama dalam menentukan nasib Indonesia kelak.

Makanya, artikel sedarhana ini membicarakan lima hal yang perlu dilakukan Gen Z sebagai generasi dominan untuk kedepannya.

  1. Memperhatikan pendidikan
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pendidikan merupakan langkah awal yang perlu diperhatikan, baik itu dari keluarga, lingkungan, bahkan pendidikan formal. Tentunya Gen Z juga perlu memperhatikan ini, sebab dari pendidikan kita dapat menerima sebuah pengetahuan yang berguna untuk kedepannya.

Maka dari pendidikan, Gen Z dapat mempertajam sesuatu yang menjadi potensi dasar. Selain itu pendidikan juga menjadi ajang untuk menerima pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan.

Tapi perlu diingat! Pendidikan tidak hanya dari sekolah. Pendidikan juga bisa datang dari sekitar kita, misalnya dari keluarga, atasan bagi yang bekerja, kawan, bahkan lawan sekalipun.

  1. Terlibat dalam panggung politik

Perlu diingat bahwasanya politik adalah aktifitas dalam kehidupan bernegara. Tentu saja nasib suatu negara tergantung aktifitas politik dari pemerintahan dan juga masyarakat umum. Maka dari itu, dalam republik Indonesia ini, Gen Z perlu rasanya untuk terlibat. Jika tidak terlibat, sepertinya kehidupan bernegara bakal cacat deh!

  1. Peduli terhadap lingkungan dan kehidupan sosial

Gen Z juga perlu memperhatikan isu-isu lingkungan hidup dan juga kehidupan sosial sekitar. Dasar sederhananya manusia hidup di atas mahluk hidup lainnya, dari sini tidak ada alasan untuk apatis terhadap isu-isu lingkungan hidup kita.

Kemudian tentang sosial, sudah pasti Gen Z tidak dapat terlepas dari konteks ini. Sebab manusia secara natural, pasti selalu terhubung dengan individu lainnya. Jika Gen Z ingin apatis terhadap isu-isu sosial, lebih baik hidup di gua saja.

  1. Memiliki kemampuan beradaptasi

Zaman sekarang bisa dibilang serba cepat, misalnya teknologi yang selalu berkembang dan tidak pernah mau kalu disuruh untuk berhenti. Selain teknologi, ada kebudayaan, ilmu pengetahuan, lingkungan, ideologi, dan lain-lainnya.

Intinya kita hidup itu tidak sendiri, hingga terdapat hal-hal baru yang silih berganti terus berdatangan. Oleh karena itu Gen Z juga semestinya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut.

  1. Menguasai teknologi

Teknologi merupakan hasil dari temuan manusia yang perkembangannya sangat menunjang kebutuhan hidup manusia seperti transportasi, telekominasi, bahkan baru-baru ini yang terkenal mutahir adalah teknologi bebasis AI. Wajar saja apabila keseharian umat manusia dan hususnya Gen Z tidak lepas dengan teknologi. Maka dari itu Gen Z sangat diharapkan untuk menguasai berbagai macam tekonologi, untuk menunjang kehidupan yang lebih baik kedepannya.

Dari 5 hal ini, perlu rasanya untuk diperhatikan oleh Gen Z. Bagaimanapun soal kedepannya tergantung apa yang dikerjakan sekarang, intinya tidak ada yang instan.

Ikuti tulisan menarik Amam Swardi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler