x

Iklan

Rusdiono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 hari lalu

2 hari lalu

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Pantas Dicoba

Penerapan cara menjaga kesehatan mata harus dilakukan dengan tekun untuk mencegah terjadinya katarak dan penyakit mata lainnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penerapan Cara Menjaga Kesehatan Mata harus dilakukan dengan tekun untuk mencegah terjadinya katarak dan penyakit mata lainnya. Nah, untuk menghindarinya, ada banyak hal yang bisa dilakukan setiap hari agar tetap sehat. Yuk, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini! 

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Rutin Periksa Mata Setiap 12 Bulan 

Cara merawat kesehatan mata yang pertama adalah dengan rutin memeriksakan mata setiap 12 bulan sekali. Masalah penglihatan yang tidak segera ditangani akan semakin parah. Rutin menjalani tes kesehatan mata juga dapat mendeteksi penyakit seperti glaukoma. Jadi, sangat penting untuk menangkapnya sejak dini agar lebih mudah dalam pengobatannya. 

Menggunakan Kacamata Anti UV

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan kacamata anti ultraviolet (UV). Penggunaan kacamata yang tepat dapat mencegah kerusakan mata, seperti kacamata berbahan polikarbonat yang sekitar 10 kali lebih kuat dibandingkan jenis plastik lainnya. Saat membeli kacamata khusus anti radiasi, pastikan kacamata tersebut dapat memantulkan setidaknya 98% radiasi ultraviolet.

Asupan Nutrisi Yang Cukup

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara berikutnya adalah wajib menjaga asupan nutrisi dalam tubuh Anda. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin (vitamin A, C dan E), mineral, dan antioksidan dapat mencegah atau setidaknya memperlambat degenerasi makula dan pertumbuhan katarak. Nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh juga baik untuk mata.

Penuhi Asupan Karotenoid 

Ternyata karotenoid memiliki peranan penting untuk kesehatan mata. Karotenoid yang ada didalam retina yaitu lutein dan zeaxanthin. Vitamin ini juga bisa ditemukan pada sayuran hijau seperti brokoli, zucchini, dan telur.

Lutein dan zeaxanthin ternyata bisa dikonsumsi juga dalam bentuk suplemen. Karotenoid memiliki kemampuan membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen pada mata serta menyerap sinar ultraviolet dan biru.

Penggunaan Cahaya Yang Cukup 

Bekerja dengan cahaya minim memang bisa menyebabkan mata lelah, namun cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Jadi, cara yang harus dilakukan adalah dengan mengarahkan cahaya yang bagus. Jika Anda bekerja menggunakan komputer, gunakan lampu meja dengan cahaya lembut dari samping. Kurangi juga kecerahan monitor komputer. 

Posisikan Kertas Kerja Dan Komputer Dengan Benar

Cara menjaga kesehatan mata ini juga sangat membantu saat bekerja di depan komputer. Jika Anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca lembar kerja, letakkan pada jarak yang wajar dari monitor Anda. Cara ini memastikan Anda tidak perlu memfokuskan pandangan bolak-balik membaca kertas kerja, setelah membaca di layar monitor.

Istirahatkan Mata Anda

Cara menjaga kesehatan mata ini sangat sederhana, Anda hanya perlu istirahat sejenak. Hampir semua orang merasakan mata menjadi tidak nyaman setelah seharian berada di depan layar komputer. Hal ini menyebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, sehingga menyebabkan mata menjadi kering.

Salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah dengan sesekali memejamkan mata selama lima detik. Cara lainnya adalah dengan mengalihkan pandangan dari layar monitor dan fokus pada objek yang jauh. Ikuti cara ini selama tiga puluh menit.

Menggunakan Lensa Kontak Berkualitas 

Jika Anda memakai lensa kontak, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan karena tidak semua lensa kontak itu sama. Ada yang aman untuk mata Anda dan ada pula yang beresiko merusak mata Anda. Cara menjaga kesehatan mata dalam hal ini adalah dengan cermat memilih lensa kontak yang berkualitas baik. Tak hanya berkualitas, cara penggunaan lensa kontak juga harus dilakukan dengan benar.

Mata sangat sensitif terhadap kuman dan infeksi. Bahkan beberapa hal yang mengiritasi mata bisa mengganggu penglihatan. Oleh karena itu, selalu cuci tangan sebelum menyentuh mata atau memegang lensa kontak.

Rajinlah Merawat Lensa Kontak Anda

Cara menjaga kesehatan mata dengan merawat lensa kontak memang tidak terlalu merepotkan, namun kebersihannya juga tidak bisa Anda abaikan. Setiap kali Anda memakai atau melepas lensa kontak, bilas hingga bersih.

Gantilah lensa kontak sesuai anjuran produsen lensa kontak atau dokter Anda karena kuman pada lensa kontak dapat menyebabkan infeksi bakteri pada mata. Anda juga harus mengganti cairan saat memasang lensa kontak saat hendak tidur malam.

Mengganti Lensa Kontak Sesuai Jadwal

Jangan menggunakan lensa kontak dalam waktu yang cukup lama. Ini bukanlah contoh yang baik. Meski kualitas lensa tidak akan berkurang, namun hal tersebut dapat membuat penglihatan mata jadi buram. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah semakin lama Anda memakai lensa kontak, semakin tinggi pula risiko infeksi mata. Sebaiknya gunakan lensa kontak hanya bila diperlukan dan lepaskan setiap kali Anda hendak tidur malam.

Berhenti Merokok

Selain berbahaya bagi paru-paru, jantung, rambut, kulit, gigi dan hampir seluruh bagian tubuh lainnya, merokok juga dapat merusak kesehatan mata. Semakin lama Anda menghindari merokok, semakin banyak manfaat yang didapat pembuluh darah dan peradangan di seluruh mata mereda.

Pertahankan Kebugaran Tubuh 

Tak hanya membentuk otot dan menjaga berat badan sehat, namun rutin berolahraga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mata. Olahraga dapat membantu mencegah penyakit penyebab gangguan mata, seperti diabetes. Diabetes tipe 2, yang lebih sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas, dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata.

Kondisi ini disebut retinopati diabetik. Terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah dapat melukai dinding halus arteri. Retinopati diabetik menyebabkan arteri yang sangat kecil di retina (bagian belakang mata yang sensitif terhadap cahaya) mengeluarkan darah dan cairan ke dalam mata, yang pada akhirnya merusak penglihatan. 

Jadi, rajinlah memeriksakan kadar gula darah secara rutin, tetap menjaga kebugaran, dan mengontrol berat badan untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan sejumlah komplikasinya.

Demikian ulasan tentang Inilah Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Wajib Dicoba seperti yang dilansir indobetslot88. Semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Rusdiono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler