x

Iklan

Muhammad Helmi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 hari lalu

3 hari lalu

Jurusan Kuliahmu Kurang Relevan di Dunia Kerja? Ini Solusinya

Apakah jurusan kuliahmu kurang relevan dengan tuntutan dunia kerja saat ini? Jangan khawatir! Artikel ini akan membahas fenomena mismatch antara pendidikan dan dunia kerja di Indonesia, serta memberikan dua solusi praktis untuk meningkatkan keterampilanmu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalian tau ga, sih, bahwasanya fenomena ini bukan terjadi secara sengaja loh, melainkan kurangnya keselaran antara dunia pendidikan dan dunia kerja di indonesia. Fenomena ini biasanya disebut dengan mismatch.

Mismatch umumnya terjadi karena kurikulum pendidikan tidak sejalan dengan tuntutan dunia kerja, cepatnya perubahan dalam dunia kerja yang tidak diimbangi oleh respons pendidikan, serta kurangnya pelatihan dan pengembangan keterampilan karena sering kali tidak memiliki keahlian praktis yang diperlukan di dunia kerja.

Berdasarkan survei angkatan kerja nasional tahun 2015 yang diolah oleh Lembaga Demografis Universitas Indonesia, mismatch vertikal atau mismatch antara pekerjaan dengan tingkat pendidikan dan upah mencapai 53,33 persen. Sedangkan missmatch horizontal atau mismatch antara kualifikasi pekerjaan dengan latar belakang pendidikan mencapai 60,52 persen.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tenang saja, jangan khawatir. Untuk mengatasi masalah mismatch ini, ada dua cara yang bisa kamu lakukan agar memiliki peluang yang sama dalam bersaing di dunia kerja. Tanpa berlama-lama, berikut adalah dua solusi untuk meningkatkan keahlian praktismu.

1. Ikut program pemerintah/Kartu Prakerja

Pemerintah punya banyak cara buat ngurangin angka pengangguran yang disebabkan sama mismatch antara pendidikan dan kebutuhan perusahaan. Salah satunya dengan program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja ini udah ada sejak 2020, dan sampai tahun 2023, udah ada 17,5 juta orang Indonesia yang jadi anggota. Kartu Prakerja nggak Cuma ngasih kamu uang buat ikut pelatihan atau workshop, tapi juga membantu ningkatin skill praktis biar sesuai sama yang dibutuhin perusahaan.

Nah, ada banyak banget program yang bisa kamu pilih dengan uang dari Kartu Prakerja. Mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Beberapa pelatihannya, antara lain cara jualan online, jadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, jadi pelatih kebugaran, cara dapetin penghasilan dari media sosial, dan masih banyak lagi.

2. Ikut bootcamp

Bootcamp pelatihan bisa jadi solusi buat kamu yang ngerasa jurusan kuliahmu nggak nyambung sama kebutuhan kerjaan sekarang. Kalau pelatihan Kartu Prakerja dibayarin pemerintah, di bootcamp ini kamu harus bayar sendiri.

Tapi, jangan langsung kabur! Walaupun harus keluar duit, manfaatnya sepadan banget, lho. Kamu bakal dapet sertifikat pelatihan, pelatih keren dari perusahaan besar di Indonesia, dan biasanya ada juga rekomendasi ke perusahaan dari bootcamp tempat kamu belajar,

Banyak bootcamp juga ngasih proyek-proyek praktis dan tugas-tugas yang bikin kamu bisa langsung nge-aplikasiin ilmu yang kamu dapet di dunia nyata. Bootcamp ini emang didesain buat ngajarin skill yang bener-bener sesuai sama kebutuhan pasar kerja sekarang.

Banyak banget bootcamp berkualitas di Indonesia, kayak Binar Academy, My Skill, RevoU, Startup Campus, dan Purwadhika. Harganya bervariasi, ada yang mahal, ada yang terjangkau, bahkan ada yang gratis (meski jarang).

Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mengejar peluang di dunia kerja dengan dua solusi ini! Coba ikuti program Kartu Prakerja untuk pelatihan yang didukung pemerintah, atau pilih bootcamp berkualitas untuk meningkatkan keahlian praktismu. Dapatkan sertifikat, akses ke pelatih dari perusahaan besar, dan rekomendasi langsung ke perusahaan. Kunjungi segera website Kartu Prakerja dan pilih bootcamp favoritmu untuk memulai langkah baru dalam karier!

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Muhammad Helmi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu