x

Ilustrasi kegiatan mendongeng dalam Festival dan Kreativitas Anak Usia Dini 2017 di Kemdikbud, Rabu 10 Mei di Jakarta. Istimewa

Iklan

Cahyo _

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 hari lalu

2 hari lalu

Manfaat Membacakan Cerita Rakyat terhadap Perkembangan Anak

Dengan membacakan cerita rakyat orang tua dapat menumbuhkan minat baca anak. Selain itu kepada mereka juga dapat diajarkan nilai-nlai kebaikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membaca kini menjadi perhatian bagi kalangan orang tua, khususnya di zaman sekarang. Dengan semakin canggihnya teknologi, membuat anak-anak semakin malas membaca buku. Mereka lebih sering bermain handphone walau hanya sekedar untuk bermain game atau bermedia sosial.

Hal ini yang membuat orang tua khawatir terhadap anaknya. Oleh karena itu, membaca seharusnya menjadi hal dasar yang diajarkan oleh orang tua agar anak lebih maksimal dalam belajar. Karena manfaat dari membaca sangat banyak seperti mengasah otak untuk berpikir, meningkatkan  kosakata, mengeluarkan ide kreatif dan inovatif, dan terhindar dari kegiatan yang kurang bermanfaat.

Karenanya untuk menumbuhkan minat baca terhadap anak, kita harus mengetahui caranya untuk membuat anak tertarik untuk membaca, salah satu nya melalui cerita rakyat. Cerita rakyat merupakan cerita yang bersumber dari masyarakat kemudian berkembang dan menjadi ciri khas suatu bangsa yang memiliki kultur budaya beraneka ragam mencangkup kekayaan budaya dan juga sejarah tiap bangsa disebut dengan cerita rakyat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui cerita rakyat, anak dapat tertarik untuk membaca, karena di dalam cerita rakyat terdapat banyak sekali nilai nilai yang didapatkan, baik nilai moral, pendidikan, agama, dll. Selain pesan yang kita dapatkan, cerita nya pun menarik dan menghibur, karena itu lah dapat membuat anak lebih tertarik untuk membaca nya. Karena itu melalui cerita rakyat, selain orang tua dapat menumbuhkan minat baca terhadap anak, orang tua juga dapat mendidik anak dengan karakater yang ada didalam cerita tersebut,  serta orang tua dapat memberikan pengalaman terhadap anak, bahwa dengan cerita rakyat banyak sekali nilai – nilai yang dapat diambil.

Karena itu kita sebagai masyarakat harus mengetahui akan pentingnya minat baca terhadap anak. Karena dengan membaca mendapatkan pengetahuan, dengan membaca kita dapat menemukan hal – hal yan menarik, dan dengan membaca kita dapat mengubah karakter diri sendiri.

Referensi

Sandy Ramdhani, N. A. (2019, Februari). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Storytelling dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 no 1, 153-160. Retrieved from file:///C:/Users/PC%20OFFICE/Downloads/108-607-3-PB.pdf

Stania Hibatulloh, N. L. (2023, Maret). Strategi Penumbuhan Minat Baca Remaja Melalui Modifikasi Cerita Rakyat. Journal of Education Research, 4 no 1, 267-275. Retrieved from file:///C:/Users/PC%20OFFICE/Downloads/32.+Stania+267-275.pdf

 

Ikuti tulisan menarik Cahyo _ lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu