x

Membuat kebun cabe dengan pertanian organik akan menjaga alam secara berkelanjutan (sumber:tatkala.co)

Iklan

Gungde Oka jaya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juni 2024

3 hari lalu

Cara Praktik Fair Trade dalam Menjaga Kelestarian Alam

Fair trade didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang ketat. Semuanya bertujuan membantu produsen di negara berkembang mencapai kondisi perdagangan yang lebih baik.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Fair trade merupakan gerakan global yang bertujuan untuk membantu produsen di negara berkembang agar dapat mencapai kondisi perdagangan yang lebih baik sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Sistem fair trade memungkinkan produsen kecil, terutama dalam sektor pertanian, untuk memiliki akses ke pasar yang adil dan berkelanjutan.

Fair trade didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan ekonomi, sosial, dan lingkungan yang ketat, yang semuanya bertujuan untuk membantu produsen di negara berkembang mencapai kondisi perdagangan yang lebih baik dan menjaga kelestarian lingkungan. Berikut merupakan cara praktik Fair Frade dalam menjaga kelestarian lingkungan:

  1. Investasi dalam reboisasi, perlindungan tanah, dan perbaikan iklim mikro adalah prioritas Fairtrade.
  2. Metode pendidikan lingkungan Fair Trade menghasilkan pengelolaan air yang lebih baik dan pengurangan polusi.
  3. Standar Fairtrade membantu petani beralih ke metode pertanian yang lebih ramah lingkungan, seperti mengurangi penggunaan bahan kimia dimana hal ini menciptakan tanah yang kaya nutrisi.
  4. Sebagian besar perusahaan Fair Trade juga bersertifikat organik, yang mendorong dan memungkinkan para produsen untuk terus mempertahankan lingkungan sekitar dengan mengintegrasikan perlindungan lingkungan sebagai bagian penting dari manajemen mereka.

Fair Trade memiliki banyak konsekuensi lingkungan, termasuk pengurangan bahan kimia berbahaya, pelestarian keanekaragaman hayati, konservasi sumber daya alam, dan pengurangan emisi karbon. Konsumen mendukung fair trade untuk membantu petani dan produsen kecil mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan membantu upaya melestarikan lingkungan di seluruh dunia. Ada bukti bahwa perdagangan yang adil dan berkelanjutan dapat menguntungkan semua orang. Dengan mendukung praktik pertanian berkelanjutan seperti agroforestri, yang menggabungkan tanaman kopi dengan tanaman lain untuk menciptakan ekosistem yang lebih beragam dan sehat, Fairtrade mendorong pengurangan penggunaan bahan kimia berbahaya, mendorong teknik pengelolaan tanah dan air yang baik, dan mendukung praktik kompos dan pengolahan limbah yang ramah lingkungan. Selain itu, petani Fairtrade dilatih dan dididik untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mendorong inovasi hijau.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Gungde Oka jaya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Selasa, 2 Juli 2024 19:30 WIB

Terkini

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Selasa, 2 Juli 2024 19:30 WIB