x

b

Iklan

Leni Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2021

3 hari lalu

Dosen Universitas Pamulang Gelar PKM di PKBM Bina Insan Kamil Mengajarkan Pengamanan Data Pribadi secara Digital

Dosen Universitas Pamulang Gelar PKM di PKBM Bina Insan Kamil Bertema Tentang Prinsip-Prinsip Keamanan Data Pribadi Di Era Digital

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Minggu, 19 Mei 2024. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh para dosen tidak terkecuali dosen Universitas Pamulang prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Kali ini kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan di salah satu pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) wilayah Tangerang Selatan yaitu PKBM Bina Insan Kamil.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertemakan "Edukasi Publik Tentang Prinsip-Prinsip Keamanan Data Pribadi Di Era Digital Bagi Siswa Siswi PKBM Bina Insan Kamil." Tema ini diambil dikarenakan saat ini para generasi Z seperti para siswa-siswi harus mendapatkan penyuluhan terkait bahaya cara menjaga keamanan data dengan baik pada perangkat digital. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari adanya penggunaan internet yaitu adanya pencurian data, Cyber Bullying, plagiasi bahkan sampai menjadi kecanduan akan internet.

Kegiatan ini dilakukan oleh sejumlah dosen Universitas Pamulang prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang diketuai oleh Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom dan beranggotakan Ibu Leni Susanti S.Kom, M.Kom dan Ibu Hananing Sumaningdiah Larasati, S.Kom, M.Kom, serta dibantu oleh para mahasiswa diantara yaitu Abdul Gafar, Muhammad Fadhli, Bobby Kurnia Ibrahim, Rio Dava Dirga dan Robi Kuswanti dengan dihadiri Kepala Sekolah PKBM Bapak Ahmad Fathullah, S.Th, I dan para siswa-siswi PKBM Bina Insan Kamil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyampaian materi kepada pada peserta

 

Dalam sambutannya Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna untuk memberikan pengarahan dan edukasi kepada para peserta agar dalam menggunakan internet selalu mengikuti aturan dan norma yang baik supaya dapat meminimalisir adanya dampak negatif yang akan ditimbulkan. "Kami berharap dengan adanya penyuluhan keamanan data ini, dapat membuka pengetahuan para siswa-siswi disini agar lebih peduli untuk selalu menyimpan datanya secara baik dan benar, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif kedepannya" papar Bapak Zainudin dalam sambutannya.

Peserta dan Anggota pengabdian foto bersama

Setelah serangkaian acara sudah dilakukan, kegiatan berikutnya adalah memberikan souvenir atau kenang-kenangan kepada pihakPKBM Bina Insan Kamil. Kenang-kenangan diterima oleh Kepala Sekolah PKBM Bina Insan Kamil, Bapak Ahmad Fathullah, S.Th, I. "Saya sangat berterima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, telah memberikan edukasi kepada kami tentang bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dalam berinternet dan penyalahgunaan data," kata dia.

 Ahmad Fathullah mengatakan meskipun saat ini dengan internet manusia dapat beraktifitas dan mendapatkan informasi dengan mudah, hal tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan yang baik, agar dampak negatif tersebut dapat kami hindari. Dia berharap kedepan  kegiatan pengabdian seperti ini terus dilakukan. "Kami sangat welcome jika dari para dosen ingin melakukan kegiatan lagi di sini dengan tema yang berbeda," ucap Bapak Ahmad Fathullah dalam sambutannya.

Ikuti tulisan menarik Leni Susanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Selasa, 2 Juli 2024 19:30 WIB

Terkini

Terpopuler

Antumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Selasa, 2 Juli 2024 19:30 WIB